Senin, 13 Desember 2010

SIRSAK PENGUSIR TIKUS


Kalian dipusingkan oleh masalah tikus didalam rumah ? Selain menyisakan bau pesing disudut-sudut rumah, juga binatang pengerat ini meninggalkan banyak kotoran yang juga menyisakan bau yang sangat tidak sedap. Sampah atau apapun yang habis diobok-obok si tikus pun pasti sangat berserakan, gak didapur, ruang keluarga bahkan diruang tamu pun rentan akan keberadaan mahluk yang menimbulkan kebisingan tersebut.

Puncak kejengkelan saya pas 3 malam lalu, saat itu istri saya sedang tertidur diruang keluarga sembari menonton televisi, dan dia terkaget-kaget terbangun dari tidurnya karena gigitan tikus pada jari-jari tangannya, untungnya gak terluka atau bolong tu jari-jari tangan. Dulu teman saya pernah ngalamin digigit tikus jari tangannya hingga terluka, dan bengkak luar biasa. Nyut-nyutan dan sakit banget katanya, sampai panas dingin segala dibuatnya. Dan setelah berobat ke puskesmas terdekat sembuh juga tu rabies (diagnosa dokter puskesmas, tikusnya adalah tikus rabies). Iiih ngeri juga ya.. gak cuman anjing atau kucing yang ada rabiesnya, ternyata tikus juga ada.

Pernah juga sih untuk memasang jebakan atau jepitan tikus yang diberi umpan, namun capek banget deh harus tiap hari ngurusin bangkainya. Juga pernah nebarin racun tikus, cuman bau bangkainnya itu lho yang bikin gak kuat, soalnya si tikus matinya tersembunyi gitu, entah di plapon rumah, atau dikolong rumah.. jadi gimana ya solusinya yang gak terlalu beresiko seperti racun ? yang gak pakai kimia-kimia gitu, back to nature deh.

Akhirnya setelah nanya sana sini, oleh seorang tetangga saya disaranin untuk menebar daun sirsak di tempat-tempat biasa jalan lalunya si tikus. Kebetulan ditempat tetangga tersebut ada pohon sirsak, ya udah minta sekalian aja ama beliau.
Caranya, sobek-sobeklah daun nangka belanda tersebut lalu sebar di daerah jalan lalunya tikus tersebut.

Alhamdulillah 2 malam ini saya perhatiin, si tikus sudah gak berani lagi mengobok-ngobok isi dapur, keblenger dia ama baunya daun sirsak atau nangka belanda tersebut.

Mudah-mudahan bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar